Belajar adalah hal yang sangat penting sekali, apalagi bagi para pelajar, tentunya sudah kewajiban kita untuk selalu belajar dan belajar.
Pernah tidak kalian bertanya seperti ini,
Saya terus belajar, setiap hari belajar, tapi kenapa kok masih belum ngerti ? kadang sudah bisa, tapi cepat lupanya.
Tentunya pertanyaan tersebut pernah terlintas di otak kita.
Nah, Kali ini saya mau bagikan Tips Belajar Agar Cepat Ingat Dan Tidak Mudah Lupa !!!
kalau mau tau yuk lihat tips dibawah ini

1. Jangan Belajar Terlalu Lama
Hah!! Loh!! mau cepat ingat kok tidak boleh terlalu lama belajar ?
mungkin hal tersebut langsung terlintas di pikiran sobat semua, memang benar, menurut saya kalau terlalu lama belajar akan membuat otak kita keberatan, terbayang tidak kalau kalian belajar selama 2-5 jam, biasanya sih saat mau ujian atau ulangan, pasti kalian pake teknik SKM (Sistem Kebut Semalam) iya kan ?
kalau kalian pake itu yang ada kalian hanya dapat pusingnya saja, hasilnya tidak ada.
Nah, dan yang perlu kalian lakukan adalah Belajar Secara Rutin, Ingat!! Belajar Secara Rutin,

kalian tidak perlu lama lama untuk belajar, cukup 30-60 menit saja asalkan rutin setiap hari itu bisa membuat ingatan kalian menjadi kuat.



2. Buat Singkatan Yang Unik
Ini juga penting, karena mempermudah kalian untuk menghafalkan sesuatu, Contohnya saja jika kalian ingin menghafalkan tabel periodik kimia golongan I A , maka kalian cukup membuat singkatan seperti ini HeRLiNa Kawin Robi Cs Frustasi ( H Li Na K R Cs Fr ) , jadi seperti itu agar kita lebih mudah mengingat dan menghafal sesuatu.


3. Membuat Pertanyaan Yang Sederhana
Untuk point yang ketiga ini, tujuannya agar kalian mempunyai rasa ke ingin tahuan yang besar dan secara tidak langsung kalian akan mampu mengingat jawabannya secara kuat.
Contohnya seperti pertanyaan,
Mengapa sih kita bisa melihat ?
Mengapa sih kita bisa berjalan ? 
Mengapa sih kita bisa berbicara ? 
Mengapa sih daun itu hijau ?
Mengapa sih udara itu tidak terlihat ?
Mengapa sih ? Mengapa ? Mengapa ?
Sederhana bukan ? tapi jika kalian terus terusan bertanya seperti itu dan mencari jawabannya sendiri (bisa bertanya ke guru atau cari sendiri di google bisa), saya yakin kalian akan tambah pandai dan pengetahuan kalian semakin luas.
Tahukah kalian asal muasal ditemukannya hukum gravitasi itu ?
Yap!! hukum Gravitasi ditemukan oleh Sir Isac Newton saat ia duduk di bawah pohon apel, setelah ia kejatuhan apel ia berfikir dan bertanya-tanya "Mengapa sih apel bisa jatuh kebawah ?",
sederhana bukan pertanyaan pak newton ? hehehe
tapi dari sebuah pertanyaan sederhana itulah ia bisa menciptakan rumus-rumus fisika dan hukum tentang gravitasi. Bagaimana ? Hebat bukan...




4. Sering Berlatih
Kalau yang ke empat ini menurut saya sangat penting, Kenapa ?
Karena tanpa latihan kita tidak akan bisa menguasai suatu mata pelajaran, sebab disaat latihan, kita dituntut untuk menyelesaikan suatu masalah yang mulai dari mudah sampai yang sulit.
Jika kalian sering berlatih maka secara tidak langsung kalian "menanam" ilmu sedalam-dalamnya kedalam otak kita, jadi kita tidak akan mudah lupa, mungkin sampai tua nanti.

Pernah tidak kalian suka sama suatu lagu ? pasti kalian sering menyanyikannya berulang-ulang, sehingga kalian hafal lagu tersebut, sekarang coba kalian nyanyikan kembali lagu yang kalian hafal 3 atau 4 tahun yang lalu, pasti masih hafal sampai sekarang kan ?
Itulah, jika kita sering berlatih, maka apa yang kita latih itu akan menempel lengket pada tubuh kita.




5. Jika Menghafal, Ulangilah Kalimat Yang Dihafal Sebanyak Mungkin
Memang iya, hal itu membantu kita untuk menghafal dengan cepat.
Contohnya jika kalian ingin menghafal UUD 1945, maka kalian harus baca UUD 1945 tersebut sebanyak 100 kali (Misalnya), maka kalian akan mampu melafalkannya dengan lancar, tapi perlu di ingat juga, kalian harus menperhatikan 4 point diatas juga, agar hafalan kalian tidak hilang.

nah itulah 5 tips yang ingin saya bagikan, semoga bermanfaat bagi sobat semua, semoga bermanfaat ya, jika kamu merasa senang bagikan artikel ini ya.