Assalamualaikum wr.wb
Baik,pada kesempatan ini kita akan sama- sama belajar kimia tentang ‘KESADAHAN AIR’
Sebelum kita masuk kepembahasan. pernahkah kalian mencuci baju menggunakan detergen namun tidak berbusa? Atau berbusa tapi sangat sedikit dan tidak sebanding dengan detergen yang kalian gunakan?
Nah,itu adalah persoalan yang akan kita bahas saat ini
Air berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi 2,yaitu air keras dan air lunak
Air keras atau yang akrab disebut air sadah adalah air yang mengandung mineral-mineral dengan kadar yang tinggi.umumnya terdapat ion Ca2+ dan ion Mg2+ dalam bentuk garam karbonat.atau dapat juga disebabkan karena adanya ion-ion lain dari polyvalent metal(logam yang memiliki valensi banyak) seperti Zn,Fe dan teman-temannya.
Ada batas ambang untuk keberadan mineral-mineral tersebut dalam air.yaitu 100 mg/L atau 100 ppm dalam Satu liter air.jika kandungan mineral dalam air melebihi batas ketentuan, secara otomatis air yang dimaksud memiliki kualitas yang Buruk
Air sadah sendiri dibedakan menjadi 2 macam,yaitu :
1) Air sadah sementara
Adalah air yang disebabkan adanya garam-garam bikarbonat,seperti Ca(HCO3)2.
Kesadahan ini dapat dihilangkan dengan cara Pemanasan karena ion Ca2+ dan ion Mg2+akan diendapkan sebagai CaCO3 atau MgCO3.sehingga air tidak lagi sadah Peristiwa ini bisa kita jumpai ketika mendidihkan air dalam teko.nah, apabila kalian melihat kerak putih didinding teko.itulah senyawa CaCO3 atau MgCO3 yang sedang kita bahas saat ini
2)Air sadah tetap
Adalah air yang disebabkan oleh adanya garam Cl - (klorida), SO4 2- dan C03 2-.
Kesadahan ini tidak dapat dihilangkan dengan hanya pemanasan tetapi dapat dilakukan dengan beberapa cara,diantaranya sebagai berikut:

  • Menambahkan senyawa Na2CO3 (natrium karbonat)

Misalnya 'air sadah tetap' mengandung garam CaCl2,maka ion Ca2+ dari CaCl2 dapat diendapkan dengan penambahan senyawa natrium karbonat.reaksinya seperti ini :
CaCl2 + Na2CO3 -> CaCO3(s) + 2NaCl
Sehingga air yang mengandung ion Ca diendapkan sebagai CaCO3


  •  Dengan resin penukar ion

(http://kimia-industry.blogspot.co.id/2011/10/penukar-ion-pada-air-sadah.html?m=1)

Air sadah dilewatkan melalui material seperti zeolit(senyawa yang memiliki pori-pori yang dapat dilewati air).nah, ion Ca2+ dan ion Mg2+ akan ditukar dengan ion Na+ dan K+ dari zeolit,sehingga air yang dikeluar dari wadah yang berisi resin penukar ion bukan lagi air sadah.
nah,air yang dihilangkan kesadahnnya tersebut sudah bisa disebut sebagai air lunak,yaitu air yang mengandung mineral dengan kadar rendah.
Kesadahan air ini dapat dilihat ketika kita sedang mencuci,karena sejatinya air sadah sendiri adalah air yang biasa digunakan sehari-hari
Jika busa sabun yang dihasilkan cukup banyak maka air tersebut termasuk air lunak.
Dan jika busa sabun yang dihasilkan sangat sedikit atau bahkan tidak berbusa maka air tersebut termasuk air sadah.karena air sadah yang bercampur dengan sabun dapat membentuk gumpalan (scum)yang sukar dihilangkan karena sifat sufraktan dari sabun dihancurkan oleh ion Ca dan Mg .reaksinya seperti ini :




scum ini bisa merugikan ikan yang hidup diperairan.
Bagaimana tidak? Scum yang sukar dihilangkan tersebut akan terus berada dipermukaan air sehingga akan menghalangi oksigen masuk kedalam perairan dan ikan tidak dapat bernapas.
Selain itu,air sadah juga boros terhadap ,onsumsi sabun.
meskipun menimbulkan beberapa masalah.sebenarnya air sadah ini tidak terlalu berbahaya kok jika diminum.
Nah,jadi jangan menyalahkan detergen juga ketika mencuci tak berbusa ya?karena bisa jadi air yang kalian gunakan untuk mencuci adalah air sadah.
Always be positif thingking and thanks for your visit (Rahma S.)
Wassalamualaikum wrwb