Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tips Mengatasi Memori Penuh Pada Android



Semakin berkembangnya teknologi banyak pengguna Android yang mengeluh karena memori ponselnya telah penuh dan seringkali muncul notifikasi memori penuh di statusbar. Memori pada android biasanya digunakan untuk menyimpan data atau file. Memori tersebut dapat penuh jika kita menyimpan data terlalu banyak, akibatnya android kita menjadi lag atau patah-patah. Berdasarkan hal tersebut tentunya saya menulis beberapa tips ini agar penyimpanan di hp android kita menjadi lebih lega.

Memori pada android biasanya ada dua jenis, yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal yaitu memori yang sudah tertanam pada ponsel, sedangkan memori eksternal merupakan memori dari luar (eksternal) atau tambahan yang nantinya dimasukkan ke hp.

Tips Mengatasi Memori Penuh Pada Android

Sebelum mengikuti Tips mengatasi memori penuh di Android. Cari beberapa aplikasi yang memakan memori besar dan aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan. Jika menemukannya segera uninstal aplikasi tersebut. Untuk tips yang lainnya dapat kalian simak dibawah ini. 

1. Sering membersihkan/clean cache

Cache merupakan sisa data dari aplikasi yang sudah tidak terpakai. Bagaimana membersihkan cache? Pertama masuk ke bagian "setting" atau "Pengaturan". Setelah itu pilih menu "Pengaturan Aplikasi". Setelah terbuka pilih aplikasi yang sering digunakan lalu "clear cache".

2. Hindari menginstal aplikasi yang ukurannya besar

Banyak aplikasi maupun game yang unik, seru, dan menyenangkan ada di Playstore. Akan tetapi pengguna android sering tidak menyadari bahwa aplikasi/game yang diinstal terlalu banyak memakan memori. Untuk mengatasinya adalah mencari aplikasi alternatif lain yang memiliki ukuran lebih kecil sehingga memori akan sedikit lega. 

3. Optimisasi aplikasi WhatsApp

Jika kalian menggunakan WhatsApp maka tips ini akan sangat membantu melegakan penyimpanan kalian. Yang pertama matikan auto download dari media (foto, video, audio) WhatsApp agar media yang dikirim dari individu maupun grup tidak langsung terdownload otomatis, jadi nanti dapat kalian download sendiri secara manual. Jika auto download tidak dimatikan sudah dipastikan WhatsApp ini akan semakin memenuhi penyimpanan kalian.

Cara yang kedua adalah membackup chat yang ada di WhatsApp ke google drive. Jadi kalian dapat menghapus chat yang lama agar penyimpanan semakin lega. Jika membutuhkan chatnya lagi kita tinggal restore dari google drive.

4. Pindahkan ke memori eksternal

Aplikasi yang terlalu besar ukurannya dapat membuat penuh penyimpanan. Cara agar penyimpanan semakin lega adalah memindahkannya ke memori eksternal. Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal yaitu dengan pergi ke pengaturan, setelah itu pergi ke manajemen aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin dipindahkan dan pilih pindahkan ke memori eksternal atau SDcard. Untuk cara ini mungkin akan support pada beberapa jenis hp tertentu saja, jika hp kalian tidak support dapat menggunakan aplikasi Link2SD tetapi biasanya untuk menggunakan aplikasi ini membutuhkan akses root.

5. Atur lokasi penyimpanan foto kamera

Tips  mengatasi memori penuh yang terakhir adalah mengatur lokasi penyimpanan foto kamera. Biasanya pada hp tertentu penyimpanan default untuk foto atau video adalah di memori internal, hal tersebut juga dapat meningkatkan penggunaan memori. Cara untuk mengubah lokasi penyimpanan yaitu pergi ke pengaturan kamera, lalu pilih penyimpanan ke penyimpanan eksternal atau SDcard. 

Tips  mengatasi memori penuh pada android dapat dipakai jika android kalian mulai lemot. Setelah ini saya harap kalian terbantu dengan artikel ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Beberapa Tips Mengatasi Memori Penuh Pada Android"