Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klik Kanan Refresh Membuat Performa Komputer/Laptop Lebih Cepat?

 


Biasanya ketika kita menyalakan komputer atau ketika komputer lemot sering klik kanan lalu refresh dengan harapan komputer kita menjadi lebih cepat. Tetapi apakah cara tersebut memang benar-benar bekerja?

Klik kanan refresh mungkin sudah kebiasaan sejak lama pengguna komputer dengan harapan komputer yang mereka gunakan menjadi lebih cepat dan tidak lemot lagi. Entah kebiasaan ini siapa yang mengawalinya tetapi yang jelas metode ini tidaklah benar jika digunakan untuk mempercepat kinerja komputer.

Malah jika seseorang mengklik refresh berulang kali itu akan menyebabkan komputer semakin lemot. Hal itu disebabkan oleh CPU yang bekerja terlalu keras untuk memuat ulang data. Bisa dibuktikan dengan membuka Task Manager lalu tekan dan tahan F5 (refresh) agar melakukan refresh terus menerus. Perhatikan kinerja CPU akan meningkat sedikit demi sedikit dan mungkin akan terjadi sedikit lag pada komputer kalian.


Gambar sebelum direfresh.


Gambar setelah direfresh. Terlihat penggunaan CPU oleh task manager sebesar 17.8%.


Jika refresh tidak digunakan untuk mempercepat kinerja komputer, lantas apakah fungsi dari refresh itu?

Fungsi refresh sebenarnya adalah untuk memperbarui tampilan atau ikon dari komputer kita. Jadi ketika kita memindahkan file, memberi nama file, atau operasi pada file lainnya dan itu tidak memberikan perubahan pada file yang ingin kita ubah, maka kita bisa menggunakan perintah refresh itu dengan harapan file tadi berubah. Sesuai dengan artinya Refresh atau menyegarkan, maksudnya menyegarkan tampilan yang sedang ada ke tampilan yang terbaru.

Jadi seperti itulah fungsi refresh pada komputer, semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Klik Kanan Refresh Membuat Performa Komputer/Laptop Lebih Cepat?"